Posted by : Unknown
Sabtu, 29 April 2017
DISUSUN OLEH :
Dimas Raka Setti (13114119)
Rizki Ramadhan Sultan (19114648)
Astrid Nabila (11114763)
Fathandwinanto (14114017)
Putri Dwi Handayani (18114592)
Mardya Nur Pramesti (16114367)
Afif Fadhil Susetyo (10114381)
Muhammad Delonix Satria (17114148)
Bimmas Afi Amirillah (12114180)
Fernando basadumanta (14114179)
Moch Abdul Goni Ramdani (1C114740)
Abstrak
BAB 1
1.1 Pendahuluan Dalam membuat animasi dulunya para Animator membuat gerakan animasi dengan lembaran-lembaran kertas yang di tumpuk dan diubah dengan cepat sehingga gambar seakan-akan bergerak. Ada dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan.
"Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.
Aplikasi yang mendukung animasi diantarnya adalah Office PowerPoint. Siapa yang mengira App Office yang biasanya dijadikan sebagai pengeditan materi untuk presentasi dapat digunakan untuk membuat Animasi. disini saya akan memberikan pelajaran sederhana bagai mana membuat animasi pada Office PowerPoint.
1.2 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut kita untuk memperoleh informasi secara cepat dan mudah. Informasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk, salah satu yang mudah untuk disajikan yaitu dalam bentuk animasi. Dengan adanya media informasi menggunakan animasi maka proses penyampaian suatu informasi akan lebih mudah untuk di pahami dan dimengerti dibandingkan menggunakan lisan ataupun tulisan. Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan. Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu.
Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Pada kesempatan ini, kami memanfaatkan fasilitas Microsoft Powerpoint untuk merancang dan membuat sebuah animasi yang menceritakan tentang sebuah anime ANOHANA.
1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan batasan masalah sebagai berikut : bagaimana memberikan informasi kepada pembaca tentang kesederhanaan membuat animasi dengan menggunakan aplikasi yang digunakan sehari-hari dan aplikasi yang digunakan pada saat ini adalah Power Point 2016.
1.4 Tujuan
Animasi adalah fitur PowerPoint yang sangat berguna ketika digunakan dengan porsi yang tepat. Terlalu banyak menggunakan animasi yang tidak perlu pada suatu slide presentasi akan membuat audiens bingung dan kesulitan mencerna informasi. Animasi bukan mainan, yang hanya sekedar menambahkan efek supaya text/ gambar anda bisa melayang-layang. Tujuan penggunaanya bukan itu tapi untuk membuat presentasi menjadi lebih mudah difahami dan tentunya lebih menarik untuk disimak.Didalam satu slide biasanya ada beberapa objek/ point yang ingin di jelaskan secara bertahap. Maka inilah saat yang tepat untuk menggunakan animasi.Anda bisa memunculkan satu point lalu menjelaskannya kemudian point yang lain dan kembali menjelaskan.
BAB 2
2.1 Animasi Animasi merupakan salah satu bagian grafika komputer yang menyajikan tampilantampilan yang sangat atraktif juga merupakan sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Pemanfaatan animasi dapat ditujukan untuk simulasi, menarik perhatian pemakai komputer pada bagian tertentu dari layar, memvisualisasikan cara kerja suatu alat atau menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang menarik dibanding dengan sederetan angka, serta tidak ketinggalan untuk program-program permainan.
Pada dasarnya, animasi adalah transformasi objek yang di mana semua titik pada sembarang objek akan diubah sesuai dengan aturan tertentu, sementara sistem koordinatnya tetap. Implementasi pada animasi dapat dikerjakan secara interaktif maupun non interaktif. Dibandingkan animasi non interaktif, animasi interaktif memberikan tampilan yang lebih menarik dan dinamis. Pada animasi interaktif, pergerakan objek mengikuti perintah yang diberikan oleh pemakai lewat perangkat interaktif. Sedangkan animasi non interaktif, pergerakan objek hanya dikendalikan dari prosedur yang ada di dalam sebuah program.
Untuk animasi interaktif kebanyakan digunakan untuk program-program permainan, sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk melakukan simulasi objek. Komputer digital yang berkembang pesat sangat mempengaruhi proses pengerjaan animasi. Animasi kemudian membentuk suatu bidang baru dalam ilmu komputer yaitu grafika komputer yang dapat digunakan untuk menggambarkan cara kerja suatu alat dan menampilkan keluaran program berupa gambar yang lebih hidup dan interaktif. Animasi banyak digunakan pada berbagai bidang seperti bidang perekayasaan, arsitektur, ekonomi, kedokteran, dan lain-lain.
Animasi yang bagus dihasilkan dari gambar yang cukup banyak agar gambar yang dihasilkan akan tampak gerakan yang berkesan halus. Dalam hal ini, maka gambar-gambar tersebut haruslah berpindah posisi sekecil mungkin agar pada perubahan atau pergantian gambar terlihat lebih menarik dan bagus. Selain itu diperlukan juga kecepatan tertentu untuk tampilan gambar yang akan dibuat dalam animasi. Hal ini tergantung pada jumlah gambar yang diberikan. Kecepatan yang dimaksud yaitu begitu satu gambar ditampilkan maka akan berganti gambar berikutnya dengan kecepatan tertentu. Makin cepat pergantian antara satu gambar dengan gambar berikutnya maka akan menghasilkan gerakan gambar yang semakin halus.
2.2 Power Point 2016
Office 2016 menyimpan versi file SharePoint, OneDrive, dan OneDrive for Business secara otomatis saat sedang dikerjakan. Versi ini memungkinkan Anda melihat kembali dan memahami perkembangan file PowerPoint seiring waktu, serta memulihkan versi yang lebih lama jika terjadi kesalahan.
”Teks tertutup, subtitel, dan beberapa trek audio”
PowerPoint mendukung pemutaran video dengan beberapa trek audio. Teks tertutup dan subtitel untuk disematkan dalam file video juga didukung.
PowerPoint mendukung pemutaran video dengan beberapa lagu audio. Ini juga mendukung keterangan bantu dan subjudul yang disematkan di file video.Katakanlah Anda mempunyai PowerPoint slide yang telah Anda tambahkan video untuk. Jika video tersebut memiliki salah satu hal berikut ini di dalamnya, lalu ikon Audio dan subjudul muncul di bilah putar video dalam peragaan Slide:
· Melacak beberapa audio (dalam format yang didukung)
· Keterangan bantu disematkan (dalam format video yang didukung)
· Subjudul disematkan (dalam format video yang didukung)
Aktifkan keterangan bantu atau subjudul dengan menggunakan keyboard
· Tekan tombol Tab berulang kali hingga fokus pada video.
· Tekan Alt + J (pada Windows) atau opsi + J (di Mac atau iOS) untuk memperlihatkan menu Audio dan subjudul .
· Tekan tombol panah untuk meletakkan fokus pada jalur yang ingin Anda gunakan.
· Tekan Enter untuk memilih Lacak.
Anda bisa klik ikon ( Menu audio dan sub judul untuk video PowerPoint untuk Windows, Menu audio dan sub judul untuk video PowerPoint untuk Mac) untuk melihat daftar lagu yang tersedia, keterangan, atau subjudul, dan lalu klik nama salah satu yang ingin Anda gunakan.Di PowerPoint 2016, pemutaran keterangan bantu dan subjudul hanya didukung pada Windows 10 dan di atas. Di PowerPoint 2016, pemutaran alternatif trek audio yang didukung di Windows 8.1 dan di atas.
Video yang memiliki keterangan, teks, atau beberapa lagu audio ,keterangan bantu dan subjudul adalah kata-kata yang ditampilkan di bagian atas video seperti yang diputar. Mereka digunakan oleh orang-orang yang atau sulit pendengaran, orang-orang yang tidak dipahami bahasa yang digunakan dalam video atau belajar bahasa, dan dalam situasi di mana volume audio harus ditolak. Menampilkan video orang bisa memilih apakah akan memperlihatkan keterangan bantu atau subjudul.Subjudul biasanya berisi hanya transkripsi (atau terjemahan) dialog,menutup keterangan biasanya juga menjelaskan audio petunjuk seperti musik atau suara efek yang terjadi off-layar.
2.3 Tutorial Membuat Animasi di Power Point 2016
A. Pembuatan Animasi Berlari
Dalam membuat Animasi bergerak banyak aplikasi yang dibuat untuk mempermudah pembuatan animasi tersebut, tetapi disini saya akan membahas tentang membuat animasi dengan Powerpoint secara mudah. oke langsung aja kita mulai tutorialnya :
Yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuka Selecetion Panel fungsinya adalah untuk dapat melihat objek apa yang sedang kita pilih, ini memudahkan pekerjaan kita dalam membuat animasi di PowerPoint.
Langkah ke-dua adalah membuka Animation Panel fungsinya adalah melihat waktu, batas animasi, animasi yang dipilih, dll. Jika kedua panel tersebut telah dibuka maka barulah kita memulai membuat animasi dari powerpoint.
Langkah berikutnya adalah meng-insert gambar yang akan digunakan sebagai animasi, disini saya menggunakan gambar berextensi .gif sebagai objek bergeraknya dan gambar galaxy dengan rumput-rumput dan pohon sebagai pemanis seakan-akan objek berlari.
Dibagian ini saya sengaja membesarkan gambar galaxynya sampai keluar panel powerpoint, gunanya untuk membuat seakan-akan nantinya galaxy tersebut bergerak menjauh.
Begitu banyak Animasi yang disajikan oleh powerpoint untuk mempercantikan bahan presentasi yang akan kita buat, tapi disini kita menggunakan salah satu dari Motion Paths kita akan memilih Left fungsinya untuk menggerakan objek dari kanan kekiri, yang saya pakai objek yang sedang berlari. Berarti seakan-akan objek ini sedang berlari kekiri.
Berikutnya adalah mengklik 2x pada animasi panel, disini saya menamakan objek lari diatas dengan nama “run”. Maka akan muncul seperti berikut :
Dibagian Timing, Startnya ubah dengan With Previous fungsinya adalah membuat objek bertindak sendiri tanpa mengklik mouse 1x. Smooth start dan end-nya buat menjadi 0 tujuannya untuk membuat objek lebih terlihat berlari.
Langkah berikutnya adalah mengatur animasi pada galaxy agar seakan-akan galaxynya menjauh saat objek berlari, masih dengan menggunakan Motion paths tapi kali ini kita pilih yang right, dengan demikian gambar galaxnya akan bergerak kekanan.
B. Pembuatan Transisi Gambar Pada Animasi
Cara pembuatan transisi gambar sebenarnya amatlah mudah, kita hanya menumpuk beberapa gambar menjadi satu kesatuan, bisa dilihat dari gambar diataas, gambar yang berada ditengah(.PNG) menunjukan bagian badan dari objek yang di kosongkan agar terlihat seperti timbul nantinya.
Dibagian animation pane ini kita atur jeda-jeda2 dari masing-masing gambar dan sesuaikan dengan keinginan kita. Warna hijau menunjukan efek yang dipakai adalah Entrance dan yang berwarna kuning merupakan efek Emphasis.
C. Penggunaan Motion Paths Pada Animasi PPT
Dibagian ini kita akan memanfaatkan penggunaan fitur motion paths pada animasi ppt, di atas kita bisa lihat bahwa gambar yang di input terlalu panjang hingga keluar dari panel yang telah ditentukan. Tujuannya adalah untuk memberikan jarak agar gambar dapat bergeser.Dan berikut adalah animation pane-nya :
: Right : digunakan untuk membuat objek bergerak dari kiri ke kanan.
: Bounce left : digunakan untuk membuat objek seakan-akan memantul dari atas kanan ke bawah kiri
D. Menyisipkan Lagu/Suara Pada PPT
Suara adalah salah satu faktor utama dalam membuat animasi yang bagus, karenanya faktor ini tidak boleh sampai terlewatkan. Cara menyisipkan suara atau pun lagu kedalam ppt adalah dengan cara masuk ke Menu Insert – Audio – Audio on my PC . Sebenarnya ada dua pilihan dalam memasukkan suara, record(rekam) dan mengambil audio dari PC kita.
Berikut ini adalah hasil screenshot-an untuk menambahkan suara
Jika berhasil maka akan tampil icon speaker seperti dibawah ini :
Catatan : Jika ingin suara otomatis menyala saat ppt di jalankan kita bisa mengaturnya dibagian Playback – Automaticlly. Sebisa mungkin letakkan file audio disatu folder dengan ppt yang terkait.
Kelompok kami telah membuat tutorial singkat tentang pembuatan animasi di dalam Power Point, dengan tujuan untuk memudahkan kalian memahami pembuatan animasi ini :
2.4 Narasi Cerita
Anohana: The Flower We Saw That Day
Seorang lelaki remaja bernama Jintan merasa memiliki trauma dan stress akan masa lalu. Karena itu, ia lebih suka menyendiri dan sering bolos sekolah. Kini, di hidupnya muncul seorang gadis manis berbaju putih bernama Honma Meiko (Menma) yang menjadi alasan traumanya. Jintan menganggap sosok Menma hanyalah sosok halusinasinya saja karena pada kenyataanya, Menma sudah meninggal sejak lama.
Meski begitu, Menma seperti sosok yang nyata –halusinasi berwujud- bagi Jintan karena Menma bisa diajak bicara dan hanya Jintan yang bisa melihat dan berinteraksi dengan Menma, sementara orang lain tidak bisa melihatnya. Selain itu, Menma juga bisa berinteraksi dengan lingkungannya seperti memetik bunga, memasak, menyanyi bermain, membuka pintu, dan jika ia menyenggol gelas maka gelas tersebut juga bisa jatuh.
Menma memakai pakaian berwarna putih dimana pakaian itu adalah pakaian yang sama yang dia pakai saat meninggal. Meskipun saat ini dia sudah remaja, namun sikapnya sangat periang seperti halnya anak-anak. Dan, itu terkadang membuat Jintan merasa sedikit kesal.
Jintan bertanya kepada Menma apa sebenarnya permohonan Menma di masa lalu, saat mereka masih kecil. Menma mengatakan kalau ia tidak ingat permohonannya tapi yang pasti permohonan itu bisa terwujud jika semua teman-temannya berkumpul. Jintan merasa itu adalah hal yang sulit dilakukan mengingat semua teman-temannya sudah banyak berubah, berpencar, dan menjalani kehidupannya masing-masing.
Flashback.
***Dulu, saat mereka masih anak-anak, ada 6 orang sahabat yaitu Menma, Jintan, Anaru, Yukiatsu, Tsuruko, dan Poppo. Saat bermain di hutan, Menma pernah mengatakan kalau ia memiliki sebuah permohonan, tapi Menma belum sempat mengatakan apa permohonannya. Suatu hari dimusim panas, dia dan sahabatnya berkumpul di sebuah tempat rahasia di dalam hutan dan membuat geng bernama Perdamaian Super Busters (Super Peace Busters).
Saat itu, Anaru bertanya apakah Jintan menyukai Menma. Yukiatsu menyambung dengan menyuruh Jintan untuk jujur. Karena, dalam geng Super Buster tidak boleh ada yang disembunyikan. Menma dan Jintan sama-sama kaget. Jintan merasa kikuk dan bingung harus menjawab apa. Lalu dia mengatakan bahwa dia tidak mungkin suka dengan seorang gadis yang buruk rupa. Jawaban Jintan membuat teman-temannya merasa kaget.
Jintan berpikir Menma akan menangis mendengar ucapannya, tetapi Menma justru tersenyum manis ke arahnya. Hal itu membuat Jintan merasa bersalah karena sudah menghina Menma dan ia langsung lari dari tempat itu. Di rumah, ia terus memikirkan Menma dan berjanji untuk meminta maaf kepadanya besok.***
Sayangnya, hari dimana dia meminta maaf kepada Menma itu tak pernah datang karena keesokan harinya Menma meninggal. Sejak saat itu dia terus dihantui rasa bersalah dan trauma berat. Sejak hari itu juga, dia kehilangan semua teman-temannya. Ia merasa semua temannya sudah berubah dan tidak ada lagi yang mempedulikannya.
Hingga dimasa kinipun, Jintan tidak pernah lagi bersahabat dengan teman-temannya itu seperti saat mereka masih kanak-kanak. Bahkan, orang-orang bilang kalau Jintan adalah sosok yang pendiam dan suka bersembunyi di rumahnya (tidak suka bersosialisasi).
Suatu senja, Jintan bertemu dengan Yukiatsu dan Tsuruko yang merupakan temannya waktu kecil dan anggota dari Super Peace Busters. Yukiatsu dan Tsuruko tampak memakai seragam SMA terpandang yang membuat Jintan sedikit rendah diri karena dia hanya sekolah di sekolah biasa.
Sementara Menma sendiri terlihat sangat senang karena bisa melihat lagi sahabat lamanya. Sayangnya, Yukiatsu justru bersikap seolah menyalahkan Jintan akan kejadian masa lalu- mengenai kematian Menma- sehingga Jintan merasa sakit hati kemudian lari dari hadapan mereka. Menma kemudian lari mengikuti Jintan.
Jintan mengatakan kepada Menma bahwa mereka bukan Yukiatsu dan Tsuruko yang dulu lagi. Mereka sudah berubah. Jintan juga meminta Menma untuk pergi karena melihat Menma membuat dia terus mengingat kenangan buruk. Kemudian Menma pergi ke rumahnya. Menma senang melihat adiknya yang sudah besar, ayahnya yang sudah beruban dan ibunya yang tampak memanjatkan doa untuknya.
Saat hendak masak telur, Jintan teringat kalau Menma ingin sup telur. Hatinya terasa sakit dan kemudian dia keluar dan berlari sekuat tenaga menuju suatu tempat. Ada suatu dorongan kuat yang membuat dia ingin merubah semua kondisi yang melelahkan ini.
BAB 3
3.1 KesimpulanAnimasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut. Sebagai contoh apabila aplikasi multimedia tersebut ingin menjelaskan proses suatu peristiwa alam seperti hujan, mungkin sulit untuk dipragakan atau dibuktikan secara nyata, maka dengan adanya animasi multimedia maka hal itu bisa digambarkan, dipaparkan dalam bentuk gambar bergerak yang seolah-olah hidup.
Powerpoint bukan hanya digunakan untuk mempercantik bahan presentasi saja, melainkan powerpoint juga memberikan hasil lebih yaitu membuat animasi bergerak dengan opsi-opsi yang telah ada di dalamnya. Aplikasi sederhana dan kemudahan membuat animasi menjadi nilai lebih bagi powerpoint.
3.2 Saran
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dari pembuatan animasi . Animasi ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut diiringi dengan perkembangan teknologi modern sehingga animasi ini menjadi bermanfaat untuk kedepannya. Oleh karena itu, penulis berharap pembaca mampu mengatasi kekurangan yang ada pada pembuatan animasi ini.
Daftar Pustaka
gif : http://bit.ly/2mtcZN7
background galaxy : http://go.nasa.gov/2maPoy8
grass(rumput) : http://bit.ly/2mJ4AWx
anohana gif : https://www.google.com/search?q=anohana+gif&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab
http://zonajepangkorea.blogspot.co.id/2017/01/sinopsis-anime-ano-hana-episode-1.html