Posted by : Unknown Senin, 04 Mei 2015

TUGAS III
Ilmu Budaya Dasar
“Keinginan Arthur Schopenhauer”







Rizki Ramadhan Sultan
19114648
1KA08

SISTEM INFORMASI
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Mei/2015

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianya saya dapat menyelesaikan tugas yang berjududul “Kritisme Immanuel Kant”. Tidak lupa shalawat serta salam terhadap junjungan besar nabi kita Muhammad SAW.
            Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembibing mata kuliah softskill ilmu budaya dasar saya Ibu Auliya Ar Rahma yang telah membimbing saya dalam pembuatan tugas dan mata kuliah yang bersangkutan ini.
            Tugas ini disusun agar pembaca dapat, dan dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah ilmu sosial dasar. Tugas ini juga disusun agar pembaca dapat mengetahui pokok pemikiran kritis dari filsuf Immanuel Kant.
            Demikian kata pengantar ini saya buat. Saya menyadari bahwa tugas ini masih sangat jauh dari kata sempurna, untuk itu saya mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam pembuatan makalah ini maupun kata pengantar ini, juga saya meminta kritik dan saran yang membangun agar dapat dibuatnya makalah yang lebih baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah cakrawala pengetahuan kita.      


Depok, 4 Mei 2015



Penyusun        





BAB I
Latar Belakang

            Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Berbeda dengan sains yang didalami dengan melakukan eksperimen dan percobaan, filsafat didalami dengan mengutarakan masalah dan memberi solusi dan argumen yang dengan alasan yang tepat untuk masalah itu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir, dan logika bahasa. Seseorang yang mempelajari filsafat disebut dengan filsuf atau ahli filsafat.
            Salah satu filsuf barat yang terkenal adalah Arthur Schopenhauer. Beliau seorang filsuf asal Jerman melanjutkan tradisi filsafat pasca-Kant. Dalam perkembangan filsafat, Schopenhauer dipengaruhi dengan kuat oleh Imanuel Kant dan juga pandangan Buddha. Pemikiran Kant nampak di dalam pandangan Schopenhauer tentang dunia sebagai ide dan kehendak. Schopenhauer mengembangkan pemikiran Kant tersebut dengan menyatakan bahwa benda-pada-dirinya-sendiri itu bisa diketahui, yakni "kehendak"










BAB II
ISI

Arthur Schopenhauer lahir di Danzig (sekarang Gdańsk). Dia adalah putra dari Heinrich Floris Schopenhauer dan Johanna Schopenhauer. Kedua orang tuannya adalah keturunan orang kaya Jerman dan keluarga bangsawan. Keluarga Schopenhauer pindah ke Humburg ketika Kerajaan Prussia dikuasai Polish-Lithuanian Commonwealth kota Danzig tahun 1793. Tahun 1805, ayah Schopenhauer bunuh diri. Setelah itu, ibu Schopenhauer, Johanna pindah ke Weimar, yang kemudian menjadi pusat literatur Jerman. Kepergiannya ke sana untuk melanjutkan karirnya sebagai penulis. Setahun kemudian, Schopenhauer meninggalkan bisnis keluarganya yang ada di Humburg. Dia pergi ke Weimar dan tinggal dengan ibunya.
            Schopenhauer pun kuliah dan menjadi mahasiswa di Universitas Göttingen pada tahun 1809. Pada masa perkuliahannya, dia belajar tentang metafisika dan psikologi di bawah bimbingan Gottlob Ernst Schulze, penulis buku Aenesidemus, yang mengajurkannya agar berkonsentrasi pada Plato dan Immanuel Kant. Pada tahun 1811 sampai tahun 1812, dia mengikuti kuliah dari Johann Gottlieb Fichte, seorang filsuf post-Kant terkemuka dan dari seorang teolog Friedrich Schleiermacher
            Schopenhauer meninggal pada 21 September 1860 karena gagal jantung ketika duduk di bangku sekitar rumahnya.




FILSAFAT
Schopenhauer memberikan fokus kepada investigasinya terhadap motivasi seseorang. Schopenhauer memfokuskan diri untuk membaca tulisan-tulisan dua filsuf terkemuka pada masa kuliahnya, yaitu Hegel dan Kant. Schopenhauer sendiri mengkritik optimisme logika yang dijelaskan oleh kedua filsuf terkemuka tersebut dan kepercayaan mereka bahwa manusia hanya didorong oleh keinginan dasar sendiri, atau Wille zum Leben (keinginan untuk hidup) yang diarahkan kepada seluruh manusia.
Schopenhauer menjelaskan seseorang yang hendak mengambil keputusan. Menurut dia, ketika kita mengambil keputusan, kita akan diperhadapkan dengan berbagai macam akibat. Oleh sebab itu, keputusan yang diambil memiliki alasan atau dasar. Keputusan-keputusan ini menjadi tidak bebas lagi bagi si pemilihnya. Pemilih itu harus diperhadapkan kepada beberapa akibat dalam sebuah keputusan. Segala tindakan yang dilakukan seseorang merupakan kebutuhan dan tanggung jawabnya. Segala kebutuhan dan tanggung jawab itu pun sudah dibawa sejak lahir dan bersifat kekal. Schopenhauer juga menegaskan jika tidak ada keinginan bebas, haruskah kejahatan dihukum?
Pandangan filosofis Schopenhauer melihat bahwa hidup adalah penderitaan. Schopenhauer menolak kehendak. Apalagi dengan kehendak untuk membantu orang menderita. Ajaran Schopenhauer menolak kehendak untuk hidup dan segala manifestasinya, namun ia sediri takut dengan kematian.







BAB III
Kesimpulan

Cara pemikiran Schopenhauer ini menarik. Namun, tetap saja memiliki kesalahan. Masalah dalam filsafatnya berkaitan dengan pandangannya atas pengetahuan tentang prinsip individuasi. Menurut Schopenhauer, berkat pengetahuan inilah manusia sadar bahwa dirinya adalah sama dengan semua makhluk hidup lain (dasar dari sikap bela rasa) sehingga dia tidak perlu memutlakkan diri dan keinginannya (dasar sikap mati raga atau penyangkalan diri). Tanpa pengetahuan ini, manusia tidak akan mengalami pencerahan dan tetap berada dalam kegelapan
Anggapan Schopenhauer ini menekankan dua hal, yaitu bahwa kesadaran manusia terbukti lebih kuat dibandingkan nafsu dan keinginannya, dan bahwa karena itu ia juga mampu memperhatikan keadaan kepentingan orang lain, di dalam hal ini berarti bahwa manusia bukanlah makhluk egois sebagai mana yang dipikirkan oleh Schopenhauer.











DAFTAR PUSTAKA
-         http://id.wikipedia.org/wiki/Arthur_Schopenhauer

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About Me

Nama : Rizki Ramadhan Sultan
Jurusan : Sistem Informasi
Kelas : 1KA08
NPM : 19114648

- Copyright © LArc -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -